Apakah Kue Oliebollen dan Odading Sama?

Resep oliebollen, Donat Khas Belanda
Resep oliebollen, donat khas Belanda (gambar oleh Steven Lek, Public domain, via Wikimedia Commons)

Kue Oliebollen sedang banyak dibicarakan warganet setelah seorang netizen membagikan cerita tentang temannya yang sedang antri membeli kue tersebut di Amsterdam, Belanda.

Melalui akun twitternya, @jastairvine, ia menulis, “Ceritanya dia udah ngantri 2 jam dingin2 kena salju, pilek, keanginan dll, pas sampe gilirannya:”

Sambil menambahkan emoji tertawa, kemudian ia menulis, ternyata Oliebollen yang ditunggu-tunggu selama dua jam tersebut, menurutnya tak ubahnya seperti odading, donat goreng khas Bandung, Jawa Barat

Seperti apa Oliebollen?

Oliebolen adalah kue goreng tradisional khas Belanda, biasanya banyak dihidangkan untuk perayaan Tahun Baru di sana.

Dalam terjemahan secara harafiah, oliebolen berarti “bola-bola minyak”. Sering juga disebut Donat Belanda, seperti tertulis dalam halaman expatshaarlem.nl.

Oliebollen adalah semacam donat goreng yang terbuat dari adonan tepung dan biasanya diisi dengan kismis atau kadang tanpa kismis, kemudian dibentuk menjadi bentuk bola kecil.

Kue ini terbuat dari bahan-bahan sederhana seperti tepung terigu, telur, apel, susu, dan ragi. Kadang disajikan dengan taburan gula di atasnya, kadang tanpa taburan gula.

Apakah Oliebollen sama seperti Odading?

Pada dasarnya Oliebollen dan Odading sama-sama sejenis roti atau donat goreng. Keduanya memiliki bentuk, bahan-bahan, dan proses pembuatan yang mirip.

Bentuk keduanya mirip, yakni bulat. Bahan-bahan pembuatannya juga mirip, yakni tepung terigu, gula, telur, dan susu. Begitupun dengan proses pembuatannya yang digoreng dengan minyak, mirip.

Perbedaan dua donat goreng ini, Oliebollen dan Odading, biasanya pada isiannya. Oliebollen umumnya diisi dengan kismis atau potongan buah, sementara Odading biasanya disajikan polos.

Baca juga:

Apakah rasa Oliebollen juga sama seperti menjadi Iron Man? ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *