fbpx
Berita terbaru, kabar terpercaya Indonesia

Manfaat Bangun Pagi Rutin Setiap Hari

Manfaat bangun pagi rutin setiap hari

Setelah Anda berhasil mengatur preferensi jadwal rutin tidur Anda, tidur lebih awal dan bangun lebih pagi, Anda akan menemukan beberapa manfaat dari bangun pagi. Tak hanya bagus untuk kesehatan fisik, manfaat bangun pagi juga bakal Anda rasakan pengaruh baiknya bagi kesehatan mental.

6 Manfaat bangun pagi rutin setiap hari

Untuk mendapatkan manfaat dari bangun pagi, Anda mesti mengkombinasikannya dengan tidur lebih awal. Itu artinya Anda tidak mengorbankan jam tidur Anda untuk bangun lebih pagi. Temukan penjelasan manfaat bangun pagi, bagaimana itu memberikan keuntungan bagi Anda, melalui daftar berikut di bawah ini.

1. Lebih banyak waktu untuk persiapan diri

Bangun lebih pagi memberi Anda lebih banyak waktu untuk mempersiapkan diri. Sambil menikmati secangkir kopi atau teh, Anda mempunyai waktu lebih untuk merencanakan aktivitas sepanjang hari. Anda lebih siap, lebih optimis, dan lebih positif dalam memulai hari, bahkan hingga sepanjang hari.

2. Mengurangi tingkat stress

Sejalan dengan penjelasan sebelumnya, karena lebih banyak waktu persiapan diri, Anda memulai hari dengan pikiran yang lebih tenang, tidak tergesa-gesa dalam mempersiapkan keperluan diri sendiri dan keluarga, juga tidak terburu-buru dengan pikiran yang berantakan yang dapat mempengaruhi mood Anda sepanjang hari. Anda lebih bahagia dalam memulai hari, dan ini adalah kunci dari bebas stress.

3. Lebih konsentrasi dan produktif

Begitu Anda bangun dari tidur sepanjang malam, tidak berarti konsentrasi atau kesadaran Anda lantas ikut “bangun sepenuhnya”. Bangun lebih awal memberi Anda jeda waktu untuk “bangun sepenuhnya”, lebih konsentrasi, lebih aware, fungsi kognitif lebih baik, dan jauh dari perasaan mengantuk.

4. Pola makan lebih sehat dan teratur

Salah satu manfaat bangun pagi yaitu punya waktu lebih untuk menyiapkan sarapan
Salah satu manfaat bangun pagi adalah punya waktu lebih untuk menyiapkan sarapan

Bangun pagi memungkinkan Anda lebih punya waktu dalam menyiapkan sarapan yang sehat untuk diri sendiri dan keluarga. Sementara bangun terlambat, pilihan jenis sarapan Anda mungkin ala kadarnya, atau malah Anda melewatkan sarapan sama sekali.

Seperti pernah disampaikan oleh Ahli Gizi Universitas Gadjah Mada, Dr. Mirza Hapsari, sarapan penting terutama untuk memelihara kesehatan sistem pencernaan, juga mengurangi resiko terkena penyakit jantung koroner.

5. Kualitas tidur lebih baik

Anda yang rutin bangun pagi cenderung lebih mudah tidur lebih awal. Bangun pagi dan tidur lebih awal, keduanya adalah satu paket tak terpisahkan. Ini disebut sirkadian alami, yaitu jam bangun-tidur Anda, jam internal tubuh Anda yang dipengaruhi oleh gelap dan terang di sekitar Anda.

Tidur lebih awal meningkatkan peluang Anda untuk menyelesaikan tahapan dan siklus tidur. Anda merasa cukup istirahat dan segar kembali keesokan paginya. Bagi anak-anak ini lebih penting lagi, karena tahapan dan siklus tidur ini berpengaruh terhadap hormon pertumbuhan, perbaikan dan regenerasi jaringan, yang dilepaskan selama tahap tidur yang dalam.

6. Waktu terbaik untuk olahraga

Bagi Anda yang punya jadwal teratur berolahraga, olahraga di pagi hari cenderung lebih kecil kemungkinan Anda melewatkannya daripada olahraga di sore atau malam hari. Sementara Anda yang berolahraga di kala off day, pagi hari adalah waktu terbaik untuk berolahraga. Udara yang masih bersih dari polusi, juga paparan sinar matahari yang tidak menyengat, malah bagus untuk kesehatan Anda.

Baca juga: Cara Menghilangkan Rasa Ngantuk, Tetap Produktif di Tempat Kerja

Sama seperti semua kebiasaan baik lainnya, manfaat bangun pagi adalah manfaat yang sederhana, mengambil bentuk sebagai kepingan-kepingan dari kehidupan Anda yang lebih baik. Anda akan menerima bayaran dari semua usaha positif Anda.

Referensi:
Sanchita Sen (certified sleep coach) dalam amirasleep.com, How to Wake Up Early: Benefits to Getting Up Early, diakses 25 Oktober 2022.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *