fbpx
Berita terbaru, kabar terpercaya Indonesia

Cara Menghilangkan Rasa Ngantuk, Tetap Produktif di Tempat Kerja

cara menghilangkan rasa ngantuk pada saat bekerja

Suatu saat Anda perlu tetap produktif, sedangkan kurang cukup tidur di malam sebelumnya tak terhindarkan, ada beberapa cara menghilangkan rasa ngantuk untuk membantu Anda tetap terjaga sementara waktu. Setelahnya, di malam berikutnya pastikan Anda tidur lebih awal, atau paling tidak kembali mempertahankan kebiasaan tidur yang baik dan memenuhi kebutuhan jam tidur Anda.

Beberapa cara menghilangkan rasa ngantuk saat bekerja

Biar bagaimanapun, tidur cukup adalah cara terbaik untuk menjaga kesehatan, mencapai produktivitas, dan mencegah dari mengantuk di siang hari. Akan tetapi pada hari-hari tertentu Anda tidak mendapatkannya, di bawah ini dijelaskan beberapa cara menghilangkan rasa ngantuk untuk membantu Anda tetap produktif dalam pekerjaan. Cobalah beberapa cara dari semua daftar berikut ini.

1. Bangun dari tempat duduk Anda dan bergerak

Robert Thayer PhD, seorang profesor di California State University, menjelaskan bahwa berjalan kaki 10 menit dapat meningkatkan energi Anda selama dua jam ke depan. Itu karena ketika Anda berjalan kaki, oksigen mulai dipompa ke pembuluh darah, otak, dan otot Anda.

Kalau Anda bekerja lebih banyak duduk, cobalah sesekali bangun untuk berjalan singkat. Apakah itu pergi ke toilet, berjalan ke meja rekan kerja untuk berdiskusi, atau berjalan di luar atau dalam gedung tempat Anda bekerja sambil berpikir tentang ide-ide pekerjaan Anda, itu akan membuat Anda merasa lebih terjaga dan segar.

2. Tidur siang singkat

Dalam jurnal penelitian yang berjudul Maintenance of alertness and performance by a brief nap after lunch under prior sleep deficit, dijelaskan bahwa tidur 15 menit pada siang hari dapat menghilangkan rasa kantuk dan meningkatkan penalaran logis Anda.

Meski sekarang-sekarang ini ada perusahaan yang menyediakan fasilitas ruangan tidur siang bagi karyawannya, Anda perlu hati-hati dan mempertimbangkannya sekali lagi. Cara menghilangkan rasa ngantuk dengan tidur siang di tempat kerja ini, meski singkat, mungkin bisa jadi hal yang sensitif dan bukan ide yang bagus.

Namun, jika tidur siang memungkinkan di tempat Anda bekerja, lakukan saat istirahat dan ingat gunakan alarm. Jika tidak memungkinkan, bahkan duduk beristirahat dengan tenang dan mata tertutup selama 10-20 menit akan membantu, seperti yang disampaikan Allison T Siebern PhD, seorang pakar di Stanford University Sleep Medicine Center di Redwood City, California.

3. Istirahatkan mata dan hirup udara segar

Terus menerus menatap layar komputer atau laptop dapat menyebabkan kelelahan mata dan menimbulkan rasa kantuk. Alihkan pandangan Anda dari layar komputer selama beberapa menit secara berkala untuk meng-istirahatkan mata.

Keluar lah untuk mendapatkan paparan sinar matahari dan udara segar. Cahaya terang matahari meningkatkan hormon kortisol, hormon yang merangsang Anda tetap waspada. Hangat sinar matahari juga akan meningkatkan suhu inti tubuh Anda, yang kemudian mengirim sinyal ke otak Anda bahwa sudah waktunya untuk terjaga.

Ketika Anda benar-benar mengantuk dan merasa kualitas pekerjaan Anda menurun, ini dapat membantu Anda merasa lebih terjaga dan tetap produktif.

4. Mulai sedikit percakapan dengan rekan kerja

Bincang-bincang dengan rekan kerja adalah salah satu cara menghilangkan rasa ngantuk
Bincang-bincang dengan rekan kerja merupakan salah satu cara menghilangkan rasa ngantuk

Salah satu cara menghilangkan rasa ngantuk lainnya yaitu bincang-bincang dengan rekan kerja. Ini dapat membangkitkan pikiran dan fokus Anda kembali.

Mulai lah percakapan dengan rekan kerja Anda. Tidak sebatas tentang masalah pekerjaan, Anda bisa mengobrol topik apa saja dalam waktu singkat untuk membangkitkan ketajaman pikiran Anda kembali.

5. Minum cukup air putih

Dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh menyebabkan kelelahan. Pastikan Anda mengkonsumsi cukup air putih untuk menjaga cukup cairan tubuh, dan agar sistem peredaran darah Anda mengalir dengan baik.

6. Makan camilan

Karena gula darah rendah, tubuh Anda terasa lemas dan mengantuk. Makan camilan meningkatkan energi tubuh Anda. Hanya hindari camilan yang mengandung tinggi gula. Konsumsi gula berlebih tidak membantu. Lonjakan gula darah pada tubuh yang lemas justru menambah rasa kantuk Anda. Sebagai masukan, Anda bisa mencoba camilan biskuit, buah, kacang-kacangan, atau yogurt.

7. Mencuci muka

Percikan air dingin di wajah meningkatkan detak jantung, tekanan darah, dan metabolisme tubuh Anda. Ini memberi Anda dorongan energi untuk sementara waktu. Cobalah cara ini untuk membuat Anda merasa lebih terjaga.

8. Tarik nafas dalam

Tarik nafas dalam bertujuan untuk mencukupi kadar oksigen dalam tubuh Anda. Ini bantu untuk menghilangkan rasa kantuk Anda. Tarik lah nafas dalam-dalam menggunakan perut, bukan dada, kemudian tahan sebentar dan hembuskan melalui mulut. Lakukan praktik ini hingga 10 kali.

Baca juga: Manfaat Bangun Pagi Rutin Setiap Hari

Akan tetapi, ada saat di mana Anda benar-benar tidak boleh mencoba cara-cara yang disebutkan pada daftar di atas. Itu adalah saat-saat Anda sedang mengemudi, melakukan operasi, mengoperasikan mesin berat, atau pada saat Anda bertanggung jawab atas anak-anak. Risikonya sangat berbahaya, termasuk kecelakaan serius dan cidera, hingga menyangkut nyawa Anda dan orang lain.

Kemudian, mengkonsumsi kafein dalam secangkir kopi tidak disebutkan dalam daftar di atas. Kopi di pagi hari memang berguna untuk menambah energi Anda dalam memulai hari, tetapi mengkonsumsinya di siang atau sore hari akan mengganggu tidur Anda di malam hari. Kafein berada dalam tubuh Anda hingga 10 jam, sedangkan Anda perlu menjaga komitmen untuk di malam berikutnya kembali ke kebiasaan tidur yang baik.

Sekali lagi, daftar di atas adalah cara menghilangkan rasa ngantuk untuk sementara waktu. Setelahnya, Anda perlu kembali mempraktikkan kebiasaan tidur yang baik. Apabila Anda sudah cukup tidur, tetapi masih mengalami gangguan kantuk, cobalah konsultasikan permasalahan Anda ke dokter untuk mendapatkan diagnosa dan penanganan yang lebih tepat.

Referensi:
– Camille Peri dalam webmd.com, How to Stay Awake Naturally, diakses 3 oktober 2022.
– Rise Science Editorial Team dalam risescience.com, How To Stay Awake After an All-Nighter, According to Science, diakses 2 Oktober 2022.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *