fbpx
Berita terbaru, kabar terpercaya Indonesia

Tips Untuk Berpikir Positif, Agar Hidup Jauh Lebih Tenang

Ilustrasi Berpikir Positif (Foto oleh Andrea Piacquadio - Pexels.com)

Kata-kata inspiratif dalam buku Unleash Your Inner Power with Zen: 50 Kisah Zen untuk Memaksimalkan Potensi Diri di bawah ini cukup mewakili tentang peran penting berpikir positif. Berawal dari pola pikir seseorang akan mempengaruhi segala aspek dalam kehidupan. Apa yang kamu alami semua berawal dari pikiranmu sendiri.

“Berhati-hatilah dengan pikiranmu, karena ia akan menjadi ucapanmu; Berhati-hatilah dengan ucapanmu karena ia akan menjadi tindakanmu; Berhati-hatilah dengan tindakanmu karena ia akan menjadi kebiasaanmu; Berhati-hatilah dengan kebiasaanmu karena ia akan menjadi karaktermu dan; Berhati-hatilah dengan karaktermu karena ia akan menjadi takdirmu.”  

Apa yang kamu isi dalam pikiran kamu, itulah tindakan yang akan kamu ucapkan. Kata-kata itu akan menjadi penuntun kamu dalam melakukan tindakan. Menjadi sesuatu yang kamu yakini kebenaranya, mendarah daging menjadi kebiasaan. Dan dari kebiasaan yang kamu lakukan setiap hari tentu itulah karakter yang kamu bangun selama ini. Dari sana, itulah takdir yang kamu terima dalam hidup. Buah dari pola pikir kamulah yang akan nampak dalam diri kamu.

Nah, maka dari itu, pentingnya berpikir positif perlu tertanam di dalam diri setiap orang. Karena dengan hal ini, kamu akan ‘mengundang’ hal-hal yang positif hadir di sekelilingmu. Tentunya harus dimulai dari dirimu sendiri. 

5 Tips Berpikir Positif

Ada beberapa tips yang bisa kamu praktikkan agar lebih positif dalam berpikir dan bertindak. Yuk simak ulasan berikut ini:

1. Mulailah Hari dengan Bersyukur

Ilustrasi Menulis jurnal Syukur (Foto oleh Andrea Piacquadio – Pexels.com)

Salah satu nikmat yang kadang kamu lupa untuk mengucapkannya adalah rasa syukur kamu untuk kesempatan memperbaiki diri dari tidur panjang semalam. Pagi hari adalah waktu yang tepat untuk merefresh kembali hati dan pikiran dari kekeruhan di masa lalu. 

Menjadi pribadi yang baru dan senantiasa mensyukuri apa yang dimiliki. Maka nikmat pasti akan bertambah. Setiap bangun pagi cobalah untuk mencari hal-hal apa yang patut kamu syukuri hari ini. Nikmat sehat misalnya. Keluarga yang menyayangi kamu, teman-teman yang supportif, dan sampai hari ini kamu masih diberikan kesehatan dan nikmat lainnya. Ada orang di luar sana yang lebih pantas untuk mengeluh dengan keadaannya. 

Oprah Winfrey saja juga mengatakan di dalam bukunya “What I Know for Sure”, atau dalam terjemahan bahasa Indonesianya “Yang Aku Tahu dengan Pasti” Ia bercerita tentang satu kebiasaan yang sering dilakukan, yaitu menulis jurnal syukur. Nah, setiap hari minimal 5 hal yang dimulai dari hal yang sederhana ia menuliskan sesuatu yang istimewa yang perlu dia syukuri. Jurnal ini ternyata sangat berdampak dalam dirinya. 

Kamu pun bisa melakukan hal yang sama dengan Oprah setiap hari. Mulai dengan hal-hal sederhana yang membuatmu merasa beruntung bangun di pagi hari ini.

2. Transfer Energi Positif Kepada Orang Lain

Ilustrasi berpikir positif (Foto oleh Binti Malu – Pexels.com)

Hal sederhana yang bisa kamu lakukan adalah dengan tersenyum kepada yang lain. Bukan berarti harus setiap saat ketika melihat orang lain lalu kamu senyum-senyum sendiri tidak jelas ya. Hanya saja dengan memasang wajah ceria, kamu bisa mentransfer kebahagiaan dan menghilangkan kesedihan dalam diri, bahkan bisa jadi menyenangkan orang lain. Wajah ceria membuat kamu bersemangat dalam bekerja dan berkarya.

Kadang memang tak mudah ketika situasi sulit menimpamu lalu kamu memasang wajah ceria di depan orang-orang. Hanya saja menunjukkan masalah kepada orang lain tidak selalu menjadi hal yang baik. Dengan mentransfer energi positif kepada orang lain adalah bentuk menghibur diri dan menyenangkan hati mereka yang melihatmu. Hal ini akan sedikit mengobati kesedihanmu.

3. Menciptakan Lingkungan yang Positif

Ilustrasi Lingkungan Positif (Foto oleh Yan Krukov – Pexels.com)

Percaya atau tidak, apa yang kamu dengar, lihat, dan amati juga membentuk pribadi yang melekat dalam diri kamu. Lingkungan yang positif sangat membantu kamu untuk bertumbuh lebih baik lho. Spirit positif itu pasti akan menular. Seperti kata Jim Rohn,

“We are the average of the five people we spend the most time with. If we hang around with five convident people we will be the sixth. If we hang around with five intelligent people, we will be the sixth. If we hang around with five entrepreneur, we will be the sixth. If we hang around with five diligent people, we will be the sixth. If we hang around with five lazy people, we will be the sixth”

Maka pastikan bahwa kamu menjadi orang ke enam dari lingkungan tempat kamu bertumbuh sekarang. Jika tidak bisa mencarinya, maka mari kamu ciptakan lingkungan yang seperti itu. kamu akan mendapatkan apa yang kamu usahakan. Jadi jangan dulu patah sebelum menemukannya. 

Jadilah orang keenam yang meraih kesuksesan dengan belajar bersama orang-orang hebat yang memiliki spirit positif.

4. Menghidupkan Optimisme

Ilustrasi Berpikir Positif (Foto oleh Andrea Piacquadio – Pexels.com)

Tips berpikir positif berikutnya adalah menghidupkan optimisme. Orang yang optimis selalu melihat sesuatu pada sisi baik dan membuatnya bangkit. Artinya dari berbagai kejadian ia akan melihat hal-hal baik dari sana dan menghidupkan semangat untuk mencoba lagi dan lagi. Baginya kegagalan adalah sebuah pembelajaran. 

Penelitian dari Goleman juga menunjukkan bahwa orang-orang optimis memiliki pengharapan yang kuat bahwa segala sesuatu di dalam kehidupan ini akan selesai, meskipun ditimpa kemunduran dan kefrustasian. Jadi sikap optimis bisa membantu kamu untuk menjadi pejuang tangguh pada apa-apa yang sedang kamu usahakan sekarang. Menyerah adalah musibah. Optimis akan berbuah manis. Ayo pasang senyum manis dan lanjutkan mimpi-mimpi yang akan menjadi nyata sebentar lagi.

5. Menargetkan Tujuan di Masa Depan

Ilustrasi Menargetkan Tujuan (Foto oleh Kampus Production – Pexels.com)

Menargetkan tujuan di masa depan ini bukan melatih kamu untuk berpanjang angan dan bermimpi yang tak berkesudahan. Namun boleh jadi hal inilah yang menjadi alasan kenapa hari ini kamu harus terus berjuang. 

Rencana-rencana ke depan membuat kamu tahu ke mana kamu harus melangkah. Mencari jawaban dan cara-cara terbaik untuk meraih tujuan itu. Analoginya ketika kamu ingin pergi ke Jakarta untuk suatu urusan yang penting, ada beberapa jalan yang akan kamu pilih. Bisa dari Surabaya, bisa juga dari Jogja, atau alternatif lainnya. 

Namun bisa jadi ada beberapa hal yang membuat perjalanan itu terhenti atau terhalang oleh suatu kejadian. Misalnya jalur tercepat naik pesawat tidak bisa karena kehabisan tiket atau tidak sesuai dengan apa yang kamu harapkan. 

Lalu naiklah kereta. Eh ternyata keretanya ada gangguan juga waktu perjalanan. Jadi penumpang diturunkan di stasiun terdekat. kamu pasti akan terus mengusahakan agar sampai pada tujuannya di Jakarta. Meski jalannya berbeda, paling tidak kamu bergerak. Soal hasilnya bagaimana, ya tidak selalu sama sesuai dengan rencana. 

Kadang hukum alam juga bermain di sana. Namun mental yang selalu mengusahakan yang terbaik untuk sebuah tujuan mulia itulah yang harus terus dibangun. Kamu ingin jadi apa di masa depan? Setidaknya pertanyaan ini yang akan mengawali berbagai rencana yang akan kamu buat nantinya. 

Hidup adalah perjalanan. Setiap perjalanan akan lebih bermakna jika kamu menikmatinya dengan sukacita. Terus bergerak sampai kamu benar-benar memastikan, bahwa akhir dari perjalanan ini adalah kembali pada tempat di mana kamu dilahirkan.

Demikian tadi lima tips untuk berpikir positif yang bisa kamu terapkan mulai hari ini.  Semangat untuk menanamkan optimisme di dalam diri untuk apapun yang akan terjadi. Perubahan baik di dalam dirimu akan terjadi dengan memulainya dari pikiranmu sendiri. Selamat berproses menjadi lebih baik setiap hari. Kesuksesan menunggumu di masa depan.

Responses (2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *