fbpx
Berita terbaru, kabar terpercaya Indonesia

Self Love: Seni untuk Mencintai Diri Sendiri

Ilustrasi Self Love (Foto oleh Tranmautritam - Pexels.com)

Istilah yang sering didengar yang menggambarkan bagaimana seseorang mencintai diri sendiri atau disebut self love  merupakan kesadaran seseorang untuk memprioritaskan diri sendiri dan berhenti membandingkan dirinya dengan orang lain. 

Pemikiran ini juga bisa diartikan kamu berusaha untuk mengikuti kehendak diri, memperlakukan dan menerima diri sendiri dengan lebih baik dan apa adanya. Bukan terkesan egois yang mementingkan diri dibandingkan orang lain, tetapi ada porsi di mana kamu peduli pada keadaan di dalam dirimu yang harus dipenuhi. 

Ketika sesuatu di dalam dirimu itu beres, penerimaan dan rasa cinta pada diri ini baik, maka output pada hubunganmu di luar diri akan baik juga. Dengan kata lain, bagaimana seseorang memperlakukan orang lain juga akan terlihat bagaimana cara dia memperlakukan dirinya sendiri.

Self love  sangat penting untuk membangun kepercayaan diri dan mempunyai motivasi hidup yang tinggi. Dengan mencintai diri sendiri, kamu bisa lebih mudah menjadi versi terbaik dari dirimu, lebih optimis merealisasikan mimpi, dan lebih percaya diri. Maka dari itu setiap orang perlu yang namanya mencintai diri sendiri.

Cara Menerapkan Self Love pada Diri

Ilustrasi Self Love (Foto oleh Pavel Danilyuk – Pexels.com)

Nah, di artikel kali ini ada hal-hal menarik yang bisa membuatmu memulai untuk mencintai diri sendiri. Mau tahu? Berikut tipsnya.

1. Mulai Menjaga Diri Sendiri

Salah satu bukti kamu mencintai diri adalah memperhatikan apa yang dikonsumsi oleh tubuhmu setiap hari. Makanan dan minuman apa yang  dicerna oleh tubuh, pola tidurnya bagaimana, apakah olahraga juga menjadi bagian dalam keseharian. Dengan memperhatikan kesehatan tubuh, aktivitas sehari-harimu juga akan lebih produktif. 

Semakin sering kamu memperhatikan diri, kamu akan tahu apa yang kamu butuhkan saat ini. Lebih fokus mengenali diri. Misalnya kalau tadi bahas soal kesehatan tubuh yang harus fit, lebih jauh lagi sedikit demi sedikit kamu jadi makin memperhatikan juga soal penampilan, kebersihan diri dan lingkungan di sekitarmu. Kamu bisa  jadi orang yang lebih bersih dan rapi, lebih menjaga diri, memperhatikan penampilan, dan merawat diri. Bukan untuk dilihat orang lain, tapi untuk kenyamanan dan kebahagiaan diri sendiri.

2. Melatih Syukur

Dengan rasa syukur yang diucapkan setiap hari, kamu akan lebih menikmati dan mencintai hidup yang kamu jalani. Mengikis sifat iri pada kehidupan orang lain, merasa senang dan bahagia dengan kehidupan sendiri. Cobalah kebiasan positif yang satu ini agar kamu kembali optimis dalam memandang hidup. Cara lebih lengkapnya kamu bisa baca artikel berikut ini,”Tips Untuk Berpikir Positif, Agar Hidup Jauh Lebih Tenang.”

3. Menjauhi Pertemanan yang Toxic

Masih ingat dengan kalimat ini, “We are the average of five people who spend the most time with…”Kalau lingkungan di sekitarmu memberikan dampak yang buruk pada dirimu, terutama pada mentalmu, maka jangan ragu untuk menjauhinya. Energi negatif itu menular, begitu juga sebaliknya. 

Energi positif bisa kamu ciptakan dengan bergaul bersama orang-orang yang menularkan energi yang sama. Hidup kamu akan jauh lebih tenang dan bahagia. Tips lengkapnya menjauhi teman yang toxic ada di artikel ini, “Karakter Teman Yang Toxic dan Cara Menjauhinya.”

4. Bahagiakan Dirimu

Setelah kamu memperhatikan tubuh, pola pikir, lingkungan, dan apapun yang masuk dalam diri kamu, maka kamu akan tahu bagaimana definisi bahagia yang kamu inginkan. Cobalah untuk menyenangkan dirimu. Ciptakan lingkungan yang sehat untukmu. 

Kebahagiaan itu berawal dari diri yang merasa bahagia. Nah selanjutnya kebahagiaan yang sama akan menjalar di lingkungan terdekat kamu. Jadi kalau kamu bisa membuat dirimu bahagia, maka orang-orang di sekitarmu akan turut bahagia bersama. 

5. Ekspresikan Dirimu

Bentuk self love berikutnya adalah kamu mampu untuk mengekspresikan diri. Mengekspresikan diri ini bisa dimulai dengan kamu menyalurkan apa yang kamu sukai, misalnya kamu suka nulis, nah coba tulis saja apa yang kamu rasakan saat ini. Atau kamu suka memasak, coba eksperimen di dapur, buat menu makanan yang belum pernah kamu coba sebelumnya. Kamu lebih suka main musik misalnya, atau menyanyi, keluarkan energi itu dengan berkarya. 

Atau kamu lebih suka ikut kegiatan sosial yang membuatmu bisa berinteraksi dengan orang-orang baru di luar sana, tidak apa-apa, lakukan saja apa yang kamu suka. Hal ini bisa membuat semua energi positif di dalam diri itu keluar. Kamu bisa lebih produktif dan punya karya juga.

6. Berhenti Melihat Pencapaian Orang Lain

Hal yang menjadi penghambat melihat kebaikan di dalam diri sendiri adalah dengan sibuk membandingkan diri dengan orang lain. Apalagi pencapaian-pencapaian yang telah dilakukan orang lain. 

Padahal, setiap orang memiliki starting point yang berbeda. Titik memulainya saja sudah beda, tentu saja setiap orang akan berada di posisi yang berbeda. Apalagi proses yang dilalui juga tidak sama. 

Sebenarnya takaran yang tepat untuk menjadi pembanding adalah diri kamu sendiri di masa lalu. Bagaimana progres yang telah dilakukan sejauh ini. Hal inilah yang akan membuat dirimu semakin berkembang. 

Melihat orang lain memang tidak selalu salah. Mungkin dengan hal ini kamu akan merasa lebih bergairah di titik optimal perjuanganmu meraih sesuatu. Namun lagi-lagi, jadikanlah orang lain itu sebagai motivasi bukan untuk pembanding diri. 

7. Konsisten dengan Apa Yang Dilakukan 

Poin ini berkaitan dengan hal-hal baik yang telah kamu mulai, seperti pada poin-poin sebelumnya. Ketika kamu sudah melakukannya, maka cobalah untuk konsisten setiap hari menikmati proses pengembangan diri yang kamu lakukan. 

Semakin kamu tahu dan mengenal dirimu, pasti kamu akan semakin menghargai dan mencintai diri sendiri. Kamu jadi tahu tentang kekuatan dan kelemahan di dalam diri. Kemudian menyadari bahwa tidak ada manusia yang sempurna. Namun, kamu tetap perlu berproses untuk menjadi lebih baik setiap hari. 

Jika perubahan baik selalu konsisten kamu lakukan, maka hal-hal baik juga akan datang kepadamu di masa depan. Ingat, kuncinya adalah konsisten. 

Nah, dari sini apakah kamu sudah bisa mempraktikkan untuk mencintai dirimu sendiri? Akan ada banyak manfaat yang bisa kamu dapat saat kamu berhasil mencintai dirimu sendiri. 

Kamu akan jadi pribadi yang lebih percaya diri, bisa berpikir positif, punya banyak jalan untuk lebih dekat dengan mimpimu karena kamu tidak pernah menyerah berusaha untuk berkarya, lebih mensyukuri hidup, tidak lagi memikirkan orang lain, kamu akan fokus untuk mengurusi dirimu sendiri. 

Terus berlari mengejar mimpi-mimpimu. Ibarat kata orang lain mencibirmu itu tidak akan berpengaruh padamu. Kamu hanya akan mengambil hal positif dari hal-hal di sekitarmu. Sungguh menyenangkan bukan?

Jadi mulai hari ini, coba kamu cintai diri kamu lebih baik lagi. Self love itu penting sekali. Jika kamu bisa menerapkannya di dalam diri, kamu bisa menerima diri kamu apa adanya dan mencintainya sampai kapan pun. Kamu istimewa dengan apapun yang kamu punya. Tetap semangat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *