fbpx
Berita terbaru, kabar terpercaya Indonesia

Belajar dari Kesalahan dan Menjadi Lebih Baik

Belajar dari Kesalahan dan Menjadi Lebih Baik
Belajar dari Kesalahan dan Menjadi Lebih Baik (gambar oleh rawpixel.com dalam freepik.com)

Belajar dari kesalahan berarti Anda memandang kesalahan sebagai suatu kesempatan untuk belajar, tumbuh, dan berkembang. Anda merespons kesalahan yang Anda lakukan dengan cara yang positif. Anda tidak menyangkalnya, atau mengabaikannya, tetapi mengakuinya, menghadapinya, memetik pelajaran darinya, dan bangkit kembali.

Teruslah membaca tulisan di bawah ini untuk mendapatkan penjelasan lebih terang tentang belajar dari kesalahan, mengapa itu penting, dan bagaimana cara melakukannya.

Apa itu kesalahan, dan kaitannya dengan kegagalan?

Kesalahan adalah tindakan atau keputusan yang salah atau tidak bijaksana, dan menghasilkan sesuatu yang tidak tepat, tidak diharapkan, merugikan, atau tidak menguntungkan. Kesalahan dapat disebabkan karena penilaian yang tidak tepat, kurang informasi atau pengetahuan, dan kurangnya perhatian terhadap detail.

Saat melakukan kesalahan, Anda mungkin tidak sengaja, tidak berniat untuk melakukannya. Anda bahkan sebenarnya berusaha untuk tidak membuat kesalahan, tetapi tanpa perhatian, pengetahuan, dan prediksi yang sempurna, hal itu sulit dihindari. Artinya, Anda mungkin akan melakukan kesalahan, seberapapun Anda berusaha keras untuk tidak membuat kesalahan.

Kesalahan biasanya menyebabkan rasa sakit, rasa bersalah, kerugian, kehilangan, dan pergumuluan. Itulah mengapa beberapa orang lebih memilih untuk menyangkal dan mengabaikannya daripada belajar dari kesalahan. Sementara itu, Kesalahan yang lebih besar mungkin lebih berpengaruh terhadap kehidupan Anda.

Kesalahan mungkin saja menyebabkan kegagalan. Akan tetapi kegagalan tidak harus selalu berasal dari kesalahan, dan terkadang penyebabnya adalah faktor lain di luar Anda. Versi Kegagalan masing-masing orang berbeda. Interpretasi serta pemahamannya relatif dan bervariasi sesuai dengan kecenderungan pemikiran dan harapan Anda.

Pentingnya belajar dari kesalahan

Membuat kesalahan adalah sebuah keniscayaan. Karena faktor tertentu, mungkin di luar kendali Anda, sulit untuk sepenuhnya tidak membuat kesalahan. Seperti semua peristiwa yang telah berlalu, yang lebih penting dari itu adalah respons Anda sesudahnya.

Mengapa belajar dari kesalahan merupakan jenis respons paling positif yang Anda bisa lakukan? Berikut adalah daftar mengapa itu penting bagi kehidupan Anda.

1. Agar Anda tidak melakukan kesalahan yang sama

Belajar dari kesalahan penting, terutama agar Anda tidak mengulangi kesalahan yang sama. Respons positif ini membantu Anda untuk mengenali, memahami, dan memperbaiki tindakan atau keputusan buruk Anda sebelumnya. Di kemudian hari, Anda melakukannya dengan cara yang lebih baik.

“Terkadang ketika Anda berinovasi, Anda membuat kesalahan, yang terbaik adalah mengakuinya dengan cepat, dan terus meningkatkan inovasi Anda yang lain.”—Steve Jobs

2. Untuk pertumbuhan diri

Belajar dari kesalahan adalah cara terpenting untuk menemukan kebenaran yang lebih dalam tentang diri Anda, dan itu merupakan bagian mendasar dari proses pembelajaran Anda untuk tumbuh dan berkembang. Belajar dari kesalahan akan mendorong Anda untuk meningkatkan kualitas kepribadian atau keterampilan Anda.

Sementara itu, menyangkal kesalahan yang telah Anda buat membatasi pengalaman Anda. Tanpa belajar dari kesalahan, Anda melewatkan banyak kesempatan untuk mendapatkan pengetahuan yang berharga. Pengetahuan yang lahir dari apa yang disebut kesalahan diperlukan untuk pertumbuhan psikologis, emosional, dan spiritual Anda.

“Beberapa orang datang ke dalam hidupmu sebagai berkah. Beberapa datang ke dalam hidup Anda sebagai pelajaran.” —Bunda Teresa

3. Menerima diri sendiri

Kesalahan yang Anda buat sendiri seringkali menyakitkan dan menjengkelkan Anda. Akan tetapi, dengan belajar dari kesalahan, Anda belajar menerima dan mengakui kesalahan Anda. Anda menerima diri sendiri dan tidak menghukum diri Anda berlebihan atas kesalahan yang Anda lakukan.

“Kesalahan selalu bisa dimaafkan, jika seseorang memiliki keberanian untuk mengakuinya.” —Bruce Lee

4. Menjadi pribadi yang lebih kuat dan optimis

Setelah belajar dari kesalahan, Anda tidak otomatis kebal terhadap kesalahan. Anda masih mungkin membuat kesalahan, tetapi Anda menganggap itu adalah bagian dari perjalanan hidup Anda. Anda menyadari bahwa itu adalah salah satu proses menuju kesuksesan.

Anda tidak menyerah dan masih dapat melihat cahaya di terowongan kecil. Yang Anda perlukan adalah belajar dari kesalahan, dan mendedikasikan diri Anda untuk bangkit kembali dan terus melangkah maju.

“Saya tidak gagal. Saya baru saja menemukan 10.000 cara yang tidak berhasil” —Thomas Edison

5. Menumbuhkan rasa tanggung jawab

Belajar dari kesalahan mendorong Anda untuk bertanggung jawab atas kesalahan yang Anda lakukan. Adalah normal merasa malu dalam mengakui kesalahan yang Anda buat, tetapi Anda tidak bersembunyi, tidak menyangkal dan menyalahkan orang lain.

“Satu-satunya cara pasti untuk menghindari kesalahan adalah dengan tidak memiliki ide baru” —Albert Einstein

Bagaimana cara belajar dari kesalahan Anda?

Berikut adalah langkah-langkah bagaimana Anda belajar dari kesalahan Anda.

Belajar dari Kesalahan dan Menjadi Lebih Baik
Belajar dari kesalahan berarti Anda memandang kesalahan sebagai suatu kesempatan untuk belajar, tumbuh, dan berkembang (gambar oleh Geralt dalam pixabay.com)

1. Akui kesalahan Anda

Langkah pertama adalah mengakui kesalahan Anda, baik kepada diri sendiri maupun orang lain. Jangan mencoba untuk menutupinya, menyangkalnya, atau mengesampingkannya. Hal itu hanya akan memperburuk keadaan, meningkatkan stres Anda, dan merusak reputasi Anda.

Jika kesalahan Anda berhubungan dengan orang lain, Anda perlu meminta maaf. Itu menunjukkan Anda menghormati orang-orang yang terkena dampak kesalahan tersebut, juga menunjukkan bahwa Anda menyesali kesalahan Anda, dan bersedia untuk bertanggung jawab dan memperbaiki kesalahan tersebut.

2. Analisis kesalahan Anda

Pikirkan dan renungkan tentang apa yang menyebabkan Anda membuat kesalahan. Catat hal-hal baik dan buruk apa saja yang Anda lakukan. Ini membantu Anda dalam menentukan apa yang dapat Anda lakukan secara berbeda agar kesalahan tersebut tidak terjadi lagi. Ini juga dapat membantu Anda untuk mengidentifikasi solusi bagaimana Anda mengatasinya di masa mendatang.

3. Dapatkan saran atau umpan balik

Saran atau umpan balik mungkin Anda butuhkan sebagai bantuan tambahan dari orang-orang terdekat Anda. Kritik yang membangun dapat membantu Anda mengidentifikasi apa yang mesti Anda tingkatkan untuk menjadi lebih baik.

4. Temukan pelajaran dari kesalahan Anda

Temukan apa pelajaran yang dapat Anda petik dari kesalahan Anda. Misalnya, apakah Anda perlu meningkatkan kualitas kepribadian Anda. Anda mungkin menemukan bahwa suatu saat Anda perlu lebih tegas, atau Anda merasa Anda perlu lebih percaya diri. Ini juga menunjukkan kepada Anda keterampilan apa yang perlu Anda tingkatkan, misalnya di kemudian hari Anda perlu meningkatkan keterampilan komunikasi, dan lain sebagainya.

5. Perbaiki kesalahan Anda

Setelah itu, Anda perlu mengambil tindakan dan berkomitmen agar di kemudian hari Anda tidak melakukan kesalahan yang sama. Buat rencana dan perbaiki tindakan atau keputusan buruk Anda. Rencana Anda bisa mencakup strategi dan tindakan spesifik yang menjelaskan tindakan nyata apa yang perlu Anda lakukan.

6. Sadarilah bahwa tidak apa-apa merasa rentan

Ketika melakukan kesalahan, Anda cenderung merasa kecil hati dan rapuh . Itu normal, dan bukan masalah. Hanya ketika Anda bersedia berpikiran terbuka terhadap perasaan bahwa tidak masalah merasa rentan, Anda akan belajar untuk menerima diri sendiri, dan tidak menghukum diri Anda berlebihan atas kesalahan yang Anda lakukan.

7. Ingatlah bahwa Anda tidak dapat menghindari kesalahan

Ingatlah bahwa sulit bahkan tidak mungkin untuk sepenuhnya tidak membuat kesalahan. Anda tidak mungkin mengantisipasi semua yang akan terjadi dengan sempurna; yang bisa Anda lakukan adalah berusaha sebaik mungkin.

8. Miliki pola pikir longlife learning

Menjaga pola pikir lifelong learning dapat membantu Anda melihat kesalahan sebagai pelajaran dan peluang pertumbuhan daripada kegagalan. Alih-alih memikirkan kesalahan yang Anda buat, anggap itu sebagai pengalaman positif yang dapat membantu Anda tumbuh dan berkembang.

Baca juga: Penjelasan Lengkap tentang Perfeksionis

Akhirnya, kesalahan memang menyakitkan saat terjadi, tetapi bertahun-tahun kemudian kumpulan kesalahan ini, yang disebut pengalaman, membawa Anda menuju kesuksesan. Belajarlah dari kesalahan Anda, tetapi jangan pernah menyesal.

Referensi
- Ashutosh Garg dalam timesofindia.indiatimes.com, What is a Mistake? What is a Failure?, diakses 2 Nov 2022
- Mel Schwartz L.C.S.W. dalam psychologytoday.com, What is a Mistake?, diakses 2 Nov 2022
- Frontiers for Young Minds dalam kids.frontiersin.org, Learning From Mistakes: How Does the Brain Handle Errors?, diakses 2 Nov 2022
- Crystie Lim dalam lifehack.org, This Is Why You Should Be Proud of Making Mistakes, diakses 3 Nov 2022
- Maggie Wooll dalam betterup.com, Learning the art of making mistakes, diakses 3 Nov 2022
- Indeed Editorial Team dalam indeed.com, How To Learn From Your Mistakes and Achieve Better Results, diakses 3 Nov 2022

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *