fbpx
Berita terbaru, kabar terpercaya Indonesia

Membangun Success Mindset, Bagaimana Caranya?

Ilustrasi Sukses (Foto oleh Gerd Altmann - Pexels.com)

Kesuksesan dan keberhasilan itu pertama kali terletak dari pemikiran seseorang. Artinya kesuksesan itu tergantung cara pandang kamu atas diri sendiri dan bagaimana kamu akan menjalaninya. Maka success mindset adalah aset terpenting yang menggerakkan pada kesuksesan.

Faktor Penentu Kesuksesan

Terdapat 30 faktor penentu kesuksesan yang dituliskan dalam buku “The Millionaire Mind” karya Thomas J Stanley. Sepuluh tingkatan teratas yang menunjukkan faktor tersebut di antaranya adalah:

  1. Jujur
  2. Disiplin
  3.  Pandai bergaul
  4. Pasangan hidup yang mendukung
  5. Kerja keras
  6. Mencintai kerja/pekerjaan
  7. Kemampuan kepemimpinan
  8. Memiliki semangat bertumbuh
  9. Kehidupan yang teratur
  10. Kemampuan menjual ide, gagasan, produk.

Belajar dari orang-orang sukses pasti ada hal-hal istimewa dalam kepribadiannya. Nah, dari kesepuluh faktor di atas ini apakah semuanya sudah ada dalam dirimu? 

Ketika kesuksesan tidak ingin hanya sekedar menjadi wacana, maka kepribadian kamu juga harus bisa diubah untuk mewujudkannya. Bagaimana bisa sukses akan menyapa kehidupan kamu yang dipenuhi dengan kemalasan dan tidak mau belajar? Nah, coba cocokkan kesepuluh faktor tadi dalam diri kamu, sudahkah ada? Atau maukah kamu mencoba menghadirkan karakter ini dalam dirimu? Mari mulai perubahan besar hari ini.

Cara Membangun Success Mindset

Cara membangun success mindset juga dikupas tuntas dalam buku “Kuasai Dirimu Panduan Membangun Mindset dan Mental Sukses”, Ahmad Dzikran. Ada 14 tahapan yang dituliskan dalam buku ini, tetapi mungkin hanya beberapa yang akan dituliskan di sini. Berikut beberapa ulasannya:

1. Tentukan Kriteria Sukses yang Kamu Inginkan

(Foto oleh Andrea Piacquadio – Pexels.com)

Bisa kamu mulai dengan definisi sukses menurut kamu itu seperti apa. Temukan apa yang kamu anggap penting dalam hidup, misalnya saja dalam kehidupan pribadi, kamu ingin kehidupan yang seperti apa. Dalam hal pendidikan, pekerjaan, relasi, atau apapun yang menjadi concern dalam hidupmu, kesuksesan seperti apa yang ingin kamu raih. Cita-cita apa yang ingin kamu wujudkan ke depan. Coba gambarkan lebih jelas lagi.

2. Tentukan Target Berdasarkan Kriteria yang Ditetapkan

(Foto oleh Hasan Albari – Pexels.com)

Susun dan rencanakan target yang jelas dan realistis kamu bisa mencapainya. Supaya sukses bukan hanya sekadar wacana. Target inilah yang akan membantumu bergerak dan terus bersemangat dalam beraktivitas. Ibaratnya kamu punya tujuan dan alasan yang jelas, big why, kenapa kamu bergerak? Jadi di sinilah amunisi semangatmu berasal.

3. Temukan Sumber Inspirasi dan Motivasi

(Foto oleh Alexas Fotos – Pexels.com)

Selain target, sumber inspirasi dan motivasi berguna untuk menguatkan, memberi semangat. Caranya kamu bisa mendapatkan hal ini dengan mempelajari kisah orang-orang yang kamu anggap sukses dalam berbagai pencapaiannya. Kamu juga bisa belajar dari buku, memperoleh motivasi dari orang tua, orang-orang terdekat kamu, dan lain-lain.

4. Temukan Perilaku Yang Mendukung Pencapaian Cita-Citamu

(Foto oleh Vlada Karpovich – pexels.com)

Jawaban dari poin ini ada di 30 faktor penentu kesuksesan tadi. Cobalah untuk terus melatih diri agar bisa menanamkan karakter positif. Semua perubahan dimulai dari diri sendiri, yaitu dengan pola pikir yang positif dalam memandang sesuatu. Ubahlah pola pikirmu terlebih dahulu, lalu hal-hal baik akan mengikutinya.

5. Catat Keberhasilan Hari ini

Ilustrasi Berhasil (Foto oleh Oleksandr Pidvalnyi – Pexels.com)

Salah satu hal yang membuat seseorang menghargai sebuah proses adalah dengan mengapresiasi segala usaha yang telah dilakukan. Bahkan usaha kecil sekalipun. Pastinya setiap hari kamu telah melakukan sesuatu untuk memperbaiki diri. Mengambil sebuah langkah yang menuntunmu untuk mencapai tujuan.

Dengan mencatat keberhasilan hari ini, apa yang kamu lakukan ini dapat membangkitkan semangat kamu untuk terus menjadi lebih baik setiap hari. Meningkatkan kepercayaan diri, dan salah satu reward untuk diri bahwa kamu telah berhasil menaklukkan tantangan hari ini.

6. Catat Kegagalan yang Kamu Alami dan Penyebabnya

(Foto oleh lil artsy – Pexels.com)

Selain keberhasilan yang perlu kamu catat, hal yang lebih penting lainnya adalah kegagalan di hari ini. Tujuannya adalah kamu bisa memperbaiki di kemudian hari. Tidak berhenti untuk mencoba lagi dan menemukan solusi tepat dari kegagalan yang telah kamu alami ini.

Setiap orang pasti memiliki jatah gagal. Jadi ini adalah hal yang wajar yang terjadi bahkan semua orang mengalaminya. Sehingga ketika kegagalan menyapamu dalam proses mencapai tujuan itu, tak perlu khawatir. Namanya juga proses, pasti ada gagal dan berhasilnya. Hal ini akan membuat pola pikir menjadi lebih matang dan siap menghadapi tantangan berikutnya.

7. Berani Menantang Pemikiran Umum

(Foto oleh Nina Uhlikova – Pexels.com)

Seperti prinsip hidup Steve Jobs “Think different”.  Namun prinsip ini bukan hanya sekadar nyeleneh saja. Kamu hanya perlu melihat ke dalam diri sendiri, kenali apa yang unik dari diri kamu, pelajari bagaimana keunikan itu dapat memberi kontribusi positif dalam kemajuan dalam dirimu. Jika sudah ketemu, kembangkanlah meskipun itu harus bertentangan dengan pemikiran atau kebiasaan umum orang-orang. Jangan pasaran! Tak perlu takut atau minder jika kamu tidak mengikuti tren hari ini.

8. Jangan Patah Semangat, Terus Bersabar

(Foto oleh Julia Avamotive – Pexels.com)

Lakukan pergerakan, hadapi ujian dengan sabar tak terbatas. Kamu akan naik level dari hari ke hari. Fokus. Fokus. Maka kamu akan sampai pada tujuan.

Tahapan selanjutnya adalah bagaimana kamu bisa percaya diri dengan apa yang telah kamu temukan tadi dan memanfaatkan potensi tersebut untuk menaiki tangga kesuksesan. Setiap kegagalan akan selalu memberikan sebuah pembelajaran untukmu. Jadi tak perlu khawatir dengan segala sesuatu yang telah terjadi. Tetap melanjutkan perjalanan dengan semangat baru adalah salah satu kunci untuk menata masa depan lebih baik lagi. 

Demikian tadi beberapa kunci untuk membangun success mindset. Tak perlu sibuk membandingkan kehidupanmu dengan orang lain. Setiap orang pasti memiliki jalurnya masing-masing untuk menaiki tangga kesuksesan. Jadi, kamu hanya perlu fokus untuk mencapai tujuanmu dan mengisi tenaga juga 

Belajarlah dari kemarin, hiduplah untuk hari ini. Berharaplah untuk besok. Yang paling penting adalah tidak berhenti untuk bertanya. –Albert Einstein-

Responses (2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *