fbpx
Berita terbaru, kabar terpercaya Indonesia

Lifelong Learning: Pengertian dan Manfaatnya

lifelong learning memiliki arti: belajar sepanjang hayat atau belajar seumur hidup

Kalau diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, lifelong learning berarti: belajar sepanjang hayat atau seumur hidup. Maksudnya, proses belajar Anda tidak hanya sebatas lulus dari SMA, atau mendapatkan gelar sarjana di perguruan tinggi, kemudian berhenti, tetapi terus-menerus dan berkesinambungan sepanjang hidup Anda.

Selengkapnya tentang pengertian konsep lifelong learning, dan apa manfaatnya dalam kehidupan Anda, akan dijelaskan dalam artikel berikut di bawah ini.

Apa yang dimaksud dengan lifelong learning?

Lifelong learning adalah suatu konsep yang menjelaskan tentang sikap atau upaya belajar secara terus-menerus sepanjang hidup meskipun seseorang itu telah melewati pendidikan formalnya di sekolah atau pun perguruan tinggi.

Individu yang menerapkan konsep lifelong learning dalam hidupnya menyadari bahwa proses belajar atau pembelajaran harus berlangsung terus-menerus dan berkelanjutan sepanjang hidupnya, tidak dibatasi usia, tempat, maupun topik yang dipelajari.

lifelong learning berarti belajar sepanjang hayat atau seumur hidup.
Lifelong learning berarti belajar sepanjang hayat atau seumur hidup.

Pada dasarnya, kemauan untuk mempraktikkan konsep lifelong learning bersumber dari motivasi diri sendiri, dan dilakukan dengan sukarela. Anda termotivasi dan berkomitmen untuk memperluas pengetahuan atau meningkatkan keterampilan meskipun tidak ada kewajiban untuk melakukan itu.

Baik yang bertujuan untuk pengembangan pribadi – minat dan hobi pribadi – atau juga yang bertujuan untuk kemajuan atau pengembangan karir profesional, konsep belajar sepanjang hayat bisa diaplikasikan dalam berbagai bentuk, seperti misalnya:

  • Pendidikan mandiri dengan cara membaca buku atau melihat video,
  • Mengikuti kursus, baik secara online maupun tatap muka melalui perguruan tinggi, pusat pelatihan atau lembaga kursus,
  • Banyak bertanya dan mengikuti teladan mentor, dan
  • Kursus pelatihan yang ditawarkan dari kantor tempat Anda bekerja.

Manfaat lifelong learning

Tak cuma sekadar untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan keterampilan, berikut di bawah ini dijelaskan secara lengkap beberapa manfaat kalau Anda menganut filosofi lifelong learning.

1. Meningkatkan daya berpikir dan kesehatan otak

Kalau Anda terus menerapkan konsep lifelong learning dalam kehidupan sehari-hari, itu bisa bantu Anda dalam menjaga kemampuan berpikir dan meningkatkan daya ingat, bahkan hingga lanjut usia.

Satu studi dari Massachusetts General Hospital dan Harvard Medical School menemukan bahwa orang yang terlibat dalam pendidikan atau pembelajaran sepanjang hidup mereka memiliki penundaan yang signifikan dalam timbulnya masalah memori atau daya ingat, termasuk penundaan gejala Alzheimer, yaitu penyakit otak yang menyebabkan penurunan daya ingat dan kemampuan berpikir.

2. Meningkatkan rasa percaya diri dan harga diri

Makin Anda lebih berpengetahuan dan lebih terampil, makin Anda lebih percaya diri dan menghargai diri sendiri. Ketika Anda mencurahkan waktu yang Anda punya untuk belajar, sehingga memperoleh pengetahuan dan keterampilan, hal itu menciptakan rasa pencapaian atau rasa puas atau bangga terhadap diri sendiri.

Di tempat kerja, Anda juga lebih merasa percaya diri dengan pengetahuan dan keterampilan yang meningkat, kemudian menerapkan apa yang sudah Anda pelajari dalam pekerjaan.

3. Meningkatkan kesehatan mental

salah satu contoh kegiatan lifelong learning yaitu membaca buku
Salah satu contoh kegiatan lifelong learning yaitu membaca buku

Belajar sepanjang hayat juga dapat meningkatkan kesehatan mental. Ambil salah satu contoh kegiatan lifelong learning, yaitu membaca buku. Menurut penelitian yang dilakukan oleh neuropsikolog kognitif di University of Sussex di Inggris, ditemukan bahwa membaca selama enam menit dapat menurunkan tingkat stres.

Lagipula, dengan pengetahuan yang baru, pengetahuan yang membuka pikiran, Anda jadi lebih mampu berpikir positif, lebih bisa mengelola stres, yang pada akhirnya berdampak positif untuk kesehatan mental Anda.

4. Membantu dalam komunikasi dan kehidupan sosial

Ketika Anda belajar, terutama proses belajar besama dengan komunitas, Anda akan bertemu dan berinteraksi dengan orang-orang yang memiliki tujuan dan minat yang sama, orang-orang yang saling mendukung dalam mewujudkan peningkatan pengetahuan dan keterampilan.

Proses belajar atau pembelajaran pada umumnya menggunakan keterampilan membaca, mendengarkan, dan menulis. Keterampilan ini juga merupakan keterampilan yang penting untuk kemampuan berkomunikasi.

5. Meningkatkan karir prosfesional kamu

Kalau keterampilan Anda meningkat, Anda lebih mungkin memenuhi syarat untuk kenaikan gaji, diberikan tanggung jawab lebih, atau promosi di tempat kerja. Jika Anda ingin mendapatkan pekerjaan yang lebih baik, Anda perlu meluangkan waktu untuk meningkatkan keterampilan agar segera dilirik perusahaan.

Lagipula di era ekonomi berbasis pengetahuan, teknologi baru, kecepatan perubahan teknologi dan globalisasi yang berkembang, semuanya membutuhkan peningkatan keterampilan dan kompetensi, paling tidak Anda perlu menyesuaikan keterampilan dengan kemajuan teknologi.

Baca juga: Menerapkan Konsep Lifelong Learning dalam Kehidupan Sehari-hari

Ada kutipan dari tokoh besar Albert Einsten, “Begitu Anda berhenti belajar, Anda mulai sekarat”. Kalau itu masih kurang ada satu lagi dari Henry Ford, “Siapa pun yang berhenti belajar adalah orang tua, baik di usia 20 atau 80 tahun. Siapa pun yang terus belajar akan tetap muda”.

Pada prinsipnya, penjelasan di atas, tentang pengertian dan manfaat lifelong learning, bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan komitmen Anda dalam menerapkan konsep ini di kehidupan sehari-hari. Bagikan kepada keluarga atau sahabat Anda kalau menurut Anda artikel ini bermanfaat.

Referensi
– Marjan Laal, scienedirect.com, Benefits of Lifelong Learning, diakses 3 okt 2022
– Secondwindmovement.com, 5 Lifelong Learning Benefits That Could Change Your Future, diakses 3 okt 2022

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *