fbpx
Berita terbaru, kabar terpercaya Indonesia

Menerapkan Konsep Lifelong Learning dalam Kehidupan Sehari-hari

Lifelong learning adalah suatu konsep yang menjelaskan tentang sikap atau upaya belajar secara terus-menerus sepanjang hidup meskipun Anda telah melewati pendidikan formal di sekolah ataupun perguruan tinggi

Lifelong learning adalah suatu konsep yang menjelaskan tentang sikap atau upaya belajar secara terus-menerus sepanjang hidup meskipun Anda telah melewati pendidikan formal di sekolah ataupun perguruan tinggi. Pada dasarnya, kemauan untuk menerapkan konsep lifelong learning bersumber dari motivasi diri sendiri, dan dilakukan dengan sukarela. Meski tidak ada kewajiban, Anda menyadari bahwa proses belajar atau pembelajaran harus berlangsung terus-menerus dan berkelanjutan sepanjang hidup Anda.

Berikut di bawah ini dijelaskan bagaimana menerapkan konsep lifelong learning dalam kehidupan sehari-hari, bagaimana menambahkannya dalam rutinitas Anda, terus-menerus, dan berkelanjutan sepanjang hidup Anda.

1. Menetapkan tujuan yang jelas, spesifik, dan terukur

Tetapkan tujuan pembelajaran dengan jelas, spesifik, dan terukur. Apakah itu untuk mendapatkan pengetahuan baru, atau untuk meningkatkan keterampilan yang sudah ada, definisikan secara jelas apa yang mau Anda capai dari proses belajar atau pembelajaran.

Kemudian berikan target atau tenggat waktu untuk mencapai tujuan tersebut, misalnya apakah itu sebagai target tiga bulanan, enam bulanan, atau target dalam satu tahun. Hal ini membantu untuk tetap fokus dalam menerapkan konsep lifelong learning di rutinitas Anda sehari-hari.

Tujuan-tujuan yang sudah Anda tentukan akan mengubah keinginan samar menjadi serangkaian tindakan nyata. Anda akan memetakan bagaimana proses belajar Anda, menetapkan kebiasan harian atau mingguan yang bakal Anda lakukan untuk mencapai tujuan tesebut.

2. Mengatur dan meluangkan waktu untuk belajar

Di luar kegiatan pekerjaan wajib atau rutin Anda sehari-hari, sediakan waktu untuk belajar atau berlatih tentang apa yang mau Anda pelajari atau kembangkan. Ini memastikan agar konsep lifelong learning konsisten diterapkan dalam aktivitas Anda sehari-hari.

Pada dasarnya meluangkan waktu juga bertujuan untuk terhindar dari berbagai gangguan pengalih perhatian pada saat proses pembelajaran. Lagipula ini bantu Anda untuk berkomitmen tidak membuang-buang waktu dengan kegiatan yang kurang penting.

3. Bergabung dengan komunitas atau kursus

Bergabunglah dengan komunitas atau organisasi yang fokusnya sesuai dengan minat yang mau Anda pelajari atau kembangkan. Anda jadi terhubung dan sama-sama belajar dengan orang-orang dengan minat yang sama. Selain bermanfaat untuk meningkatkan komitmen, bergabung dengan komunitas juga membuat proses belajar jadi lebih menyenangkan.

Ikut kursus atau kelas formal juga punya manfaat yang sama seperti bergabung dengan komunitas. Anda mungkin mempertimbangkan kelas formal atau kursus untuk menambah kedalaman proses belajar dan mendapatkan apresiasi resmi berupa setifikat.

4. Membaca lebih sering

Membaca adalah salah satu bagian terpenting dalam menerapkan konsep lifelong learning
Menerapkan konsep lifelong learning salah satunya dengan cara membaca buku

Membaca adalah salah satu bagian terpenting dalam menerapkan konsep lifelong learning dalam rutinitas keseharian Anda. Baca apa saja buku atau informasi yang menarik minat Anda. Jadikan kegiatan membaca sebagai kegiatan rutin Anda setiap hari.

5. Motivasi diri kamu untuk terus berkembang

Hindari berpuas diri, terus motivasi diri Anda untuk bersedia melakukan upaya berkelanjutan dalam belajar, untuk mendapatkan pengetahuan atau keterampilan baru. Sadari bahwa Anda selalu punya ruang untuk tumbuh dan berkembang.

Tantangan bukan sebagai penghalang, bukan sebagai tanda bahwa Anda tidak cocok untuk itu, kemudian takut, menyerah, dan frustasi. Sebaliknya, Anda berusaha mencari cara-cara baru dalam proses belajar, dan menantang diri sendiri untuk mengatasi makin banyak tantangan.

6. Evaluasi setiap perkembangan

Perhatikan bagaimana perkembangan Anda dari waktu ke waktu. Banggalah dan nikmati setiap kemajuan dan perkembangan dalam diri Anda. Seringkali perjalanan atau proses menuju pencapaian tujuan lebih menyenangkan daripada tujuan itu sendiri.

Kalau Anda menemukan perkembangan yang lambat, ketahuilah melakukan sesuatu lebih baik, meski sedikit kemajuan, daripada tidak melakukan apa-apa. Mungkin Anda perlu mengubah satu atau dua strategi metode pembelajaran Anda. Itulah gunanya mengevaluasi perkembangan belajar Anda.

Setiap kemajuan, setiap perkembangan secara berbalik berfungsi juga sebagai kekuatan pendorong atau motivasi untuk kemajuan lebih lanjut.

Baca juga: Lifelong Learning: Pengertian dan Manfaatnya

Pada awalnya, mungkin penerapan cara-cara di atas tidak mudah. Akan tetapi setelah ANda mulai, kemudian jadi habit Anda, jadi rutinitas Anda sehari-hari, menerapkan konsep lifelong learning jadi lebih menyenangkan, malah Anda merasa sulit untuk berhenti. Anda menikmati aktivitas belajar karena memang pada dasarnya, belajar adalah kebutuhan dasar manusia, rasa ingin tahu adalah sikap alami manusia.

Referensi
John Coleman dalam hbr.org, Make Learning a Lifelong Habit, diakses 8 oktober 2022
Oscar Nowik dalam lifehack.org, 14 Powerful Habits of People Dedicated to Lifelong Learning, diakses 8 oktober 2022
Eab.com, 7 daily habits of successful lifelong learners, diakses 7 oktober 2022

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *